Panduan Penilaian SD,SMP,SMA,SMK Kurikulum 2013
Panduan Penilaian SD,SMP,SMA,SMK Kurikulum 2013 - Dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, guru dituntut untuk sanggup merencanakan dan melakukan evaluasi proses dan hasil mencar ilmu siswa secara komprehensif, mencakup evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengolah dan menciptakan laporan hasil mencar ilmu siswa secara objektif, akuntabel, dan informatif.
Akhirnya Pemerintah mengeluarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Terbaru 2016 SD| SMP| SMA| SMK. Panduan ini dilatar belakangi oleh :
- Penilaian yang dilakukan pendidik tidak hanya evaluasi atas pembelajaran (assessment oflearning), melainkan juga evaluasi untuk pembelajaran (assessment for learning) dan evaluasi sebagai pembelajaran (assessment as learning).
- Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
- Penilaian memakai pola kriteria, ialah evaluasi yang membandingkan capaian penerima didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan mencar ilmu minimal yang disebut juga dengan Kriteria KetuntasanMinimal (KKM).
- KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dengan mempertimbangkan karakteristik penerima didik, karakteristik mata pelajaran dan kondisi satuan pendidikan.
- Penilaian dilakukan secara bersiklus dan berkelanjutan.
- Hasil evaluasi dianalisis untuk memilih tindak lanjut.
[Previwe File]
Untuk Lebih Deatilnya Tentang Panduan Penilaian Kurikulum 2013 / Kurikulum Nasional , Silahkan Download Panduan Nya di bawah ini :
Advertisement