'/> Contoh Ktsp Sd Hasil Revisi 2016/2017 -->

Info Populer 2022

Contoh Ktsp Sd Hasil Revisi 2016/2017

Contoh Ktsp Sd Hasil Revisi 2016/2017
Contoh Ktsp Sd Hasil Revisi 2016/2017

    Contoh KTSP SD Hasil Revisi 2016/2017


 Contoh KTSP ini merupakan contoh KTSP Hasil Revisi  Contoh KTSP SD Hasil Revisi 2016/2017
Contoh KTSP SD Hasil Revisi 2016/2017 - Contoh KTSP ini merupakan contoh KTSP Hasil Revisi 2016/2017 yang sanggup di gunakan untuk tahun aliran gres dengan format file memakai Microsoft Words supaya gampang untuk di edit dan di kembangkan lagi sesuai dengan aktivitas sekolah masing-masing.

Untuk Lebih jelasnya lihat paparan atau isi secara garis besar uraian Contoh KTSP di bawah ini :

A.    Latar  Belakang
Kurikulum yakni seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan penerima didik. Serta Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendikan Nasional  menyebutkan �Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima didik supaya menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab�
 Contoh KTSP ini merupakan contoh KTSP Hasil Revisi  Contoh KTSP SD Hasil Revisi 2016/2017
Kurikulum SD Negeri ............................  merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di SD Negeri ........................ .Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Seiring dengan perjalanan perkembangan pendidikan di Indonesia, aspek kognitif lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Aspek afektif  kurang menerima perhatian, sehingga sikap penerima didik dan masyarakat  mengalami kemunduran dalam hal moral. Untuk itu perlu adanya pendidikan huruf yang diintegrasikan ke dalam kurikulum.    

Kurikulum SD Negeri ................................ dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Suku Dinas Pendidikan Kota Administrasi, serta dengan bimbingan nara sumber andal pendidikan dan pembelajaran dari Tim Pengembang Kurikulum.

B. Tujuan Pengembangan Kurikulum

Kurikulum SD Negeri .............................   disusun sebagai teladan pelaksanaan pendidikan di SD Negeri ..............................   supaya sanggup memberi kesempatan penerima didik untuk :
1.     belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
2.     belajar untuk memahami dan menghayati,
3.     belajar untuk bisa melakukan dan berbuat secara efektif,
4.     belajar untuk hidup bersama dan mempunyai kegunaan untuk orang lain, dan
5.     belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses berguru
    yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

C.     Prinsip Pengembangan Kurikulum

Kurikulum SD Negeri ..................................  dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan kurikulum SD Negeri .................................  mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan, seta berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP dengan memperhatikan pertimbangan komite sekolah. Penyusunan kurikulum dikoordinasikan dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi. 

Kurikulum SD Negeri .......................... dikembangkan menurut prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan penerima didik dan lingkungannya.
2.    Beragam dan Terpadu
3.    Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4.    Relevan dengan Kebutuhan Kehidupan
5.    Menyeluruh dan Berkesinambungan    
6.    Belajar Sepanjang Hayat
7.    Seimbang Antara Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah                                                    
Advertisement

Iklan Sidebar